Sabtu, 02 November 2019

Dyah Yuukita; Perempuan Salju yang Tangguh

Dyah Saraswati adalah nama lengkap gadis kelahiran Depok yang mencintai dunia kepenulisan sejak sekolah dasar dan senang membuat cerpen hingga disenangi teman-teman pembacanya. Memiliki nama pena Dyah Yuukita; Yuuki berasal dari bahasa Jepang yang artinya salju dan Ta merupakan panggilan teman akrab yang merupakan akronim dari Dita.

Selain menyukai dunia kepenulisan, ia juga merupakan pecinta Jepang. Pernah bergabung dengan komunitas pecinta Jepang yang menjadi asal mulanya ia mengikuti komunitas kepenulisan One Day One Post, berkat diajak oleh salah satu temannya di komunitas pecinta Jepang.

Menempuh SD di SDN Mekarjaya 21, SMP di SMP PGRI Depok II Tengah,
SMA di SMK Yapemri Depok II Timur
Kuliah di Universitas Indraprasta PGRI jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia.

Mahasiswi yang memiliki aktivitas sebagai editor, penulis, dan gamer ini sekarang aktif sebagai PJ di grup Tokyo ODOP Batch 7. Tidak hanya itu, ia juga memiliki cukup banyak pengalaman literasi yang membuatnya sehebat sekarang.

Pengalaman literasi yang dimiliki diantaranya:
- Penulis puisi di salah satu media online yang dibukukan
- Penulis puisi di embrio yang dibukukan
- Penulis dan editor Nostalgia Biru (Kumpulan ODOP 3)
- Penulis dan editor Secangkir Sahlab Beraroma Surga (Kumpulan Cerpen Palestina)
- Penulis dan editor Klasik (Kumpulan ODOP 6)
- Pernah terpilih menjadi penulis cerpen di Ngodop.com 
- Penulis kumpulan puisi "Kunyatakan Rasa pada Semesta"

Dengan berbagai rintangan yang ada dari mulai diremehkan oleh tetangga bahkan keluarga sendiri mengenai profesinya sebagai penulis dan editor, ia tidak mudah putus asa. Bahkan, rintangan itu ia jadikan tantangan hingga mampu menjadi seorang editor yang cukup handal dan beliau sudah mampu menerbitkan buku kelimanya yang berjudul "Kunyatakan Rasa pada Semesta".

ODOP bagi Dita adalah keluarga dan prioritas utama. Tidak hanya sebagai wadah untuk belajar menulis, kini Dita menjadi PJ yang bertanggung jawab dan sangat perhatian terhadap anggota grupnya. Ada yang melemah sedikit semangatnya, ia tak lelah untuk terus memberikan semangat dan dukungan.

Dita bisa dihubungi melalui media sosialnya yakni, blog: www.dyahyuukita.wordpress.com dan
IG: @dyah_dita.

2 komentar:

Silahkan berkomentar dan mari berdiskusi sehat. Terima kasih ... :)