Minggu, 24 November 2019

Memilih Niche Blog (Tantangan Pertama Non-fiksi)

Di Minggu pertama kelas nonfiksi, dimulai dengan materi "Niche" oleh Kak Rindang. Beliau memaparkan bahwa Niche adalah fokus tulisan pada blog kita.

Memilih fokus "Niche" akan sangat bermanfaat terhadap produktivitas blog kita, diantaranya blog yang kita kelola menjadi lebih expert, bisa lebih mudah dioptimasi, menjadi rujukan karena tema yang fokus tadi, dan bahkan bisa sampai menghasilkan uang dari blogger.

Sejujurnya saya bingung ketika mendapat tantangan niche ini, karena isi blog saya masih gado-gado. Hehe

Namun, saya perlu mengerjakan tugas tantangan pertama kelas nonfiksi yaitu memilih niche dalam blog.

Nah, Kak Rindang memberikan beberapa pertanyaan nih supaya bisa membantu kita menemukan niche dalam blog sesuai passion atau kesukaan dan minat kita.

1. Apa sesuatu yang mudah bagimu

Menuliskan sesuatu berdasarkan pengalaman yang terjadi, atau menuliskan topik yang kusukai baik itu berdasar pengalaman, bacaan, atau tontonan.

2. Pikirkan rutinitas keseharian, apa kegiatan yang paling kamu tunggu-tunggu? 

Bertemu dengan keluarga, orang-orang tersayang, dan sahabat terdekat yang bisa berbagi / sharing tentang hal apa saja.

3. Apa hard skill yang kamu miliki? (contoh: menulis artikel, programming, Photoshop, menggambar, Bahasa Inggris) 

Maybe, menulis blog ala diary dan sedikit kemampuan berbahasa Inggris yang harus terus saya asah.

4. Apa soft skill yang kamu miliki? (contoh: gampang berteman, bisa presentasi yang menarik, percaya diri yang tinggi) 

Saya rasa saya cukup baik dalam hal percaya diri dan presentasi.

Nah, dari empat pertanyaan yang sudah saja tuliskan jawabannya saya disana. Jujur saja, saya masih pemula dalam dunia per-bloggingan apalagi tulisan non-fiksi. Sehingga masih harus banyak belajar dan mengenali tulisan diri sendiri untuk menemukan niche yang tepat pada blog saya.

Namun, bismillah untuk saat ini saya memilih niche blog saya adalah mengenai "cerita / hikmah yang saya temukan dari kejadian sehari-hari".

Seiring berjalannya waktu, semoga saya semakin giat belajar dan berlatih mengembangkan kemampuan diri sehingga dapat menemukan niche yang lebih tepat dan spesifik untuk blog saya ini.

Mohon kritik dan sarannya juga teman-teman. Terima kasih. Hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dan mari berdiskusi sehat. Terima kasih ... :)