Waktu
1. Time series (runtun waktu, banyak waktu, satu objek) ex. Kinerja PT. Telkom 2010-2016
2. Cross section (banyak objek, satu periode) ex. Kinerja perusahan" otomotif 2016
3. Pooling (gabungan TS+CS) banyak objek dan banyak periode. Ex. Perusahaan" otomotif 2010-2016.
2.Kualitatif (non angka) kuantitatif (angka)
3. Data Primer atau Sekunder
-Kuesioner (kuantitatif) responden
*populasi diketahui -megang datanya. -total unit responden. Rumus slovin : n= N/1+ N e2
E= tingkat kesalahan kuadrat
1% = eksak (obat, makanan)
5%, = sosial (perilaku, persepsi, budaya) dinamis
10% = makro, moneter, suku bunga, inflasi. Fluktuatif, pertimbangan efisiensi biaya dan efisiensi waktu.
Uji peramalan dan uji pendugaan
*Tidak diketahui (sample di kali 10 indikator kuesioner) smkn banyak sample yg dibuat semakin
- Wawancara (kualitatif) narasumber
Primer: langsung interaksi objek penelitian
Kuantitatif
Kualitatif - Wawancara 1-5 orang (Narasumber : Pejabat, direktur, tokoh masyarakat) siapkan amplop dn terima kasih.
Sekunder: Sudah disediakan oleh instansi/pihak memiliki data, gratis. Hanya menampilkan data yg sudah dibuat.
Karakteristik sampling penelitian kita:
1. Purposive sampling: sudah ditentukan karakteristiknya. Contohnya penelitian tentang variable kesetiaan konsumen: berawal dari kualitas layanan - kepuasan konsumen - kesetiaan konsumen. Yang namanya setia itu dia sudah dr 2 kali beli/berkunjung. Terwujud dengan rekomendasi positif, balik lagi, frekuensi beli meningkat, harga naik nggak jadi masalah.
2. Snowball sampling (bola salju) : telekomunikasi. Biasanya utk hal" yg sensitif. Sample berdasarkan rekomendasi dari sample utama.
Setelah 2 jam belajar, kita harus
2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar dan mari berdiskusi sehat. Terima kasih ... :)